Monday, April 19, 2010

Penciptaan,,,

Suatu ketika, Allah menciptakan seorang manusia. Diciptakan-Nya manusia tersebut dengan kondisi fisik yang sempurna. Kemudian, diberi oleh-Nya rencana hidup hidup yaitu kapan lahir, siapa orang tuanya, anak ke berapa, bagaimana rejekinya, kapan meninggal, dsb; serta diberi-Nya pula bekal untuk mengarungi hidup di dunia, yaitu apa saja bakat yang dimilikinya, apa saja sifatnya, bagaimana tingkat kecerdasannya, dan semacamnya. Kemudian, terjadilah percakapan antara Tuhan dan manusia tersebut.


Manusia (M) : Ya Allah, sebentar lagi aku akan dilahirkan ke dunia, aku ingin mengajukan beberapa pertanyaan pada-Mu, Ya Allah.


Allah : Silahkan.


M: Untuk apa aku diturunkan ke dunia, Ya Allah?


Allah: Tugasmu di dunia adalah untuk menjadi khalifah. Menjadi seorang pemimpin. Yaitu pemimpin dalam bermanfaat bagi sesama.


M: Aku dengar bahwa dunia bisa memberiku banyak hal, seperti kemewahan, kekuasaan, dan kesenangan. Apakah aku akan bisa mendapatkan hal tersebut, Ya Allah?


A: Tentu saja engkau bisa mendapatkan hal itu. Hanya saja, segala kesenangan hanya akan membuatmu terlupa dengan tugas utamamu, yaitu untuk bermanfaat bagi sesama.


M: Aku mengerti, Ya Allah. Aku dengar bahwa dunia sangat kejam. Ada manusia yang membunuh sesamanya, ada manusia yang mencuri dari sesama. Tampaknya manusia seringkali hanya memikirkan dirinya sendiri, tanpa peduli ia menerjang apa, atau ia menendang siapa. Rasanya, tugas yang Engkau berikan berat sekali, Ya Allah. Aku tidak yakin bagaimana akan bisa melakukannya.


Allah: Tentu Aku memberimu fasilitas khusus dan perbekalan untukmu agar bisa melakukan tugasmu. Fasilitas yang aku berikan adalah orang tua yang bisa memberimu kasih sayang dan mendidikmu menjadi manusia dewasa, aku memberimu jalan hidup yang memungkinkanmu mendaki sampai puncak kejayaan hidupmu, dan aku memberimu lingkungan masyarakat dan teman-teman yang akan memberimu pelajaran dan mendewasakanmu.


M: Dan perbekalannya?


Allah: Aku memberimu perbekalan berupa bakat, kepandaian, dan karakter yang akan memberimu cukup kekuatan untuk mengarungi dunia.


M: Aku mengerti, Ya Allah. Akan tetapi, mengapa aku melihat ada calon manusia yang lain diberi fasilitas dan perbekalan yang berbeda?


Allah: Karena mereka mempunyai tugas yang berbeda. Secara umum tugas manusia adalah sama, tetapi secara khusus berbeda-beda karena tidak ada manusia yang bisa melakukan segalanya. Aku memberi manusia fasilitas dan perbekalan yang sesuai dengan tugasnya, sesuai dengan tanggung jawabnya.


M: Aku mempunyai fasilitas dan perbekalan yang lebih baik dibanding yang lain. Apakah artinya aku mempunyai tanggung jawab yang lebih besar, Ya Allah?


Allah: Iya. Dan jangalah engkau bersedih hati jika nanti hidupmu terasa berat. Dibalik kesulitan pasti ada kemudahan yang menantimu, dan tentu saja ada hadiah yang besar jika engkau bersabar dan ikhlas.


M: Aku telah mengerti, Ya Allah.


Allah: Ingat satu hal. Lakukan semuanya dengan ikhlas; hanya karena mengharap ridho-Ku. Maka engkau akan bahagia.



Dan kemudian, (calon) manusia tersebut lahir. Mulai ia belajar mengenal dunia, mengenal arti hidup, dan mulailah ia mengisi hidup. Tiada yang lebih baik bagi manusia, selain mereka yang bisa memberi manfaat bagi orang lain.



“Life is never easy for those who dream.”

~ Robert James Waller (American author; also known as a writer, photographer and musician)

No comments:

Post a Comment